Strategi Implementasi Kode Etik Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Main Authors: Syabuddin Gade, 196808021995031001, Abdul Hadi, 2129068201, .
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Tarbiyah Prodi MPI , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3766/1/JURNAL%20INTELEKTUALITA.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3766/4/Form%20A%20dan%20Form%20C.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3766/
Daftar Isi:
  • Lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mngka menghasilkan anak didik yang berakhlak mulia, beretika dan be{,engetahuan luas. Baik buruknya suatu genemsi bangsa sangat lerpengaruh dengan keadaan lembaga pendidikan y-g adu dulurr.bung.u tersebut. Lembaga peldidikan tidak sendirinya mengahsilkan luh_rsan seperti yang diinginkan, namun sangat tergantung kepada elemen_elemen yang ada dalam lemlaga pendidikan tersebut. Salah satu kajian dalam penelitian ini adalahlentang peraturan dan kode etik yang diteralkan dilembaga pendidikan khususnya pendidikan iinggi UIN Ar_ Raniry, salah satu alasar lembaga UIN ini menjadi objek penelitian adi-at ka.ene kenyataan diiapangan terlihat ada sebagaian mahasiswa yaag menampilkan etika yang tidak baik, baik sesama mahasiswa, dosen, dan karyawan akademik, oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mencari jawaban dari tiga persoalan yang penulis ajukan sebagai rumusan masalah yaitu, bentuk-bentuk pelanggaran apasajakah y:ang sering tirjadi di. UlN,.bagaimana strategi implementasi kode etik dan kendala_i<enOala ap'asalatil yang dihadapi dalam pelaksanaan kode etik. Berdasarkan hasil psnelitiar ditemukan jawiban dari_ permasalaham tersebut yaitu, masih terjadinya pelanggran teftadap kode etik yang dilakukan oleh mahasiswa baik pelanggaran ringan, sedang dan berat. balam penerapan kode etik ada beberapa strategi yang dilakukan yaitu, penimusan stategi, sosialisasi dan pelaksanaan dan evalusai kode etik. Dalam pelaksanain kode etik masif, ierdapat banyak kendala-kendala lang dihadapi baik dilin&kat prodi maupun di tingkar Fakuhas.