Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan Guna Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar

Main Author: Irfan Siddiq, 201121702
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3750/3/Jurnal%20%28PDF%29_compressed.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3750/4/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3750/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar bagi beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Besar, tidak terkecuali MIN Lambaro Aceh Besar. Dalam proses pembelajaran, MIN Lambaro Aceh Besar menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi utama. Dengan demikian, keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam menunjang kualitas pendidikan di Madrasah tersebut. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah teknik pembelajaran apakah yang seharusnya diterapkan oleh guru agar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa menjadi lebih baik? Apakah dengan adanya penerapan Teknik Bercerita Berpasangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Indonesia?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari subjek penelitian rancangan penelitian melibatkan peneliti dan siswa kelas IV kegiatan pembelajaran meliputi: (penetapan fokus penelitian) (perencanaan tindakan) (pelaksanaan tindakan) (pengamatan intepretasi) (refleksi) (penyimpulan hasil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teknik Berbicara Berpasangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut ditunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa pada siklus II dengan menunjukkan bahwa terdapat 31 siswa (81,11%) siswa yang tuntas belajar sedangakan 5 siswa (13,88%) belum tuntas. Dari hasil pengolahan data maka dapat disumpulkan bahwa Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa.