Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Arus Bolak-Balik di Kelas XII MAN 2 Banda Aceh

Main Author: Syukrina, 251324507
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3727/2/Syukrina.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3727/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3727/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Hingga saat ini, pelajaran Fisika di tingkat SMA/MAN masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Pembelajaran masih berpusat pada guru, masih kurang melibatkan partisipasi siswa, belajar tidak melibatkan emosi siswa sehingga siswa tidak terangsang untuk mengemukakan pendapat dan gagasan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Brainstorming adalah metode pembelajaran yang dilakukan dalam kelompok, dan siswanya memiliki latar belakang pengetahuan serta pengalaman yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada materi arus bolak-balik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Experimental Control Group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XII IPA 1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda. perolehan nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai post-test siswa kelas kontrol, yaitu 81,96 untuk kelas eksperimen dan 68,85 untuk kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa tabelhitung tt  yaitu 7,63 > 2,00 dengan demikian