Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas II pada MAS Darul Ulum Banda Aceh

Main Author: Nia Alfi Khaira, 140213063
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3649/2/PDF%20GABUNG%20%28NIA%20ALFI%20KHAIRA%29.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3649/1/form%20b%20dan%20d%20nia.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3649/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar sebelum dan sesudah di terapkannya teknik Self Instruction pada siswa kelas II di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu pendekatan (One Group Pretest-Posttest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada setiap siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kejenuhan belajar di tinjau dari 4 Aspek: 1) Keletihan Fisik, Keletihan Psikis, Keletihan Mental dan Keletihan Indera. Populasi Penelitian ini 115 siswa kelas II MAS Darul Ulum Banda Aceh, dan menggunakan purposive sampling, juga menggunakan Paired Sampel t test (Uji t untuk dua sampel yang berpasangan) yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas XI-IIS, laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan 22 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik Self Instruction yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yaitu Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha di terima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik Self Instruction di kelas II MAS Darul Ulum Banda Aceh.