Penerapan Metode Kisah dalam Peningkatan Pengetahuan Santri TPQ Plus Baiturrahman Kota Banda Aceh
Main Author: | Tajurrina, 211323905 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3638/1/Tajurrina.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3638/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3638/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah akhlak di TPQ Plus Baiturrahaman Banda Aceh belum maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan metode pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah menggunakan metode isah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan pengetahuan santri dengan menggunakan metode kisah jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi akhlak tercela. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri tingkatan TKQ kelas safiyyah binti Huyay dengan Sampel yang berjumlah 15 santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes lisan dan dokumentasi terhadap santri, untuk mengetahui efektifitas metode Kisah, setelah semua data terkumpul hal selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 66,66% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kisah di TPQ Plus Baiturrahman dapat meningkatkan pegetahuan santri dalam pembelajaran.