Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar

Main Author: Raihan Fannesa, 201325172
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3577/1/Raihan%20Fannesa.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3577/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3577/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada pembelajaran IPA. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah siswa kurang aktif dan kurangnya partisipasi serta komunikasi dengan guru sehingga pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian berbentuk eksprimen dengan menerapkan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memahami berbagai materi dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan saintifik mencakup lima komponen yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVMIN 13 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain non equivalent Pre-test-Post-test control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (1) soal pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi tidakan (2) angket, untuk mengetahui respon siswa dan tanggapan siswa terhadap perlakukan yang di berikan . Hasil analisis data diperoleh (1) Nilai hasil thitung = 2.41 kemudian dicari ttabel dengan dk = (n1 + n2 – 2), dk = (28 + 28 – 2) = 54 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi t diperoleh nilai t(0,95) (54) = 1,67 karena thitung > ttabel yaitu 2.41 > 1,67. (2) Respon siswa terhadap pendekatan saintifik mendapat respon yang positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN 13 Aceh Besar.