Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMA Negeri 1 Meulaboh
Main Author: | Lisa Agustia, 251324481 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3558/1/LISA%20AGUSTIA.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3558/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3558/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran fisika yang selama ini dilakukan masih berpusat pada guru. Kesulitan yang dialami siswa adalah dalam pemahaman rumus-rumus fisika dan sulit memahami penjelasan dari guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas XI SMA Negeri I Meulaboh (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA3 yang berjumlah 33 orang siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data hasil respon angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain dan uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05 atau 5%. Diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,999 > 1,69 sehingga Ha diterima.. Persentase respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning sangat tertarik yaitu 99,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.