Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 11 Banda Aceh
Main Author: | Desi Erliza, 201223395 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3548/2/Desi%20Erliza.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3548/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3548/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai proses belajar mengajar yang aktif, sedangkan pada penerapannyadisekolah guru kurang bervariasi dalam mengunakan model pembelajaran, akibatnya siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas siswa tidak lagi terfokus terhadap materi yang diajarkan, dimana siswa tidak lagi memperhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan, membuat kegaduhan, mengganggu teman yang sedang belajar dan membuat keributan didalam kelas, dengan demikian tidak tercapai proses belajar mengajar yang aktif.Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa, serta peningkatanhasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 11 Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-4MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan memggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian ini diperoleh persentase hasil observasi aktivitas guru siklus I 72,61%, siklus II 85,41% dan siklus III 97,82%. hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 66,66%, siklus II 73,95%, dan siklus III 95,65%. Sedangan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 38,46%, siklus II 58,97%dan siklus III 87,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V4 MIN 11 Banda Aceh.