Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Pair Check pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 1 Banda Aceh
Main Author: | Musthafa Kamal, 201223464 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3544/2/Musthafa%20Kamal.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3544/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3544/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Bedasarkan hasil observasi kelas V MIN 1 Banda Aceh, masih terdapat kekurangan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif. Hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan tidak dapat merespon pembelajaran IPS. Interaksi antara guru dengan siswa tidak ada sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang sudah diajarkan dan hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajara Pair Check pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 1 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajara Pair Check. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas V MIN 1 Banda Aceh yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi dan tes. Data ini diolah dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,27 yang termasuk dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II dengan nilai ratarata 3,94 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,69 yang termasuk dalam kategori cukup, dan meningkat pada sklus II dengan nilai rata-ata 3,69 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada sklus I yaitu 45%, dan meningkat pada siklus II yaitu 82,5%. Bedasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Ckeck pada pembelajaran IPS kemampuan guru meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Banda Aceh lebih meningkat.