Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI MAS Babun NajahBanda Aceh
Main Author: | Kurniati, 251324437 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3532/2/Kurniati.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3532/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3532/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika salah satunya disebabkan oleh peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru dikelas kurang efektif. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diterapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas XI MAS Babun Najah Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequeivalent control groupdesain .Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 peserta didik. Data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 2,33>2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas XI MAS Babun Najah Banda Aceh.