Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5

Main Author: Jauharil Maknuni, 251222842
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3506/1/Jauharil%20Maknuni.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3506/2/surat%20Penyataan%20skripsi%20dapat%20diakses%20Penuh.png
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3506/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Prestasi siswa di SMK Negeri 5 Banda Aceh dalam belajar fisika sangat rendah, hal ini disebabkan guru menggunakan metode konvesional. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dan media yang tepat salah satunya penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika pada materi Momentum dan Impuls dan untuk mengetahui respon siswa dengan menggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar Fisika pada materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang diambil adalah Simple Random Sampling acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-RPL sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan Macromedia Flash dan kelas X-Akses sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Berdasarkan hasil penelitian, nilai Pre test siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 77 dan nilai Post test siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,7 Dari hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu thitung > ttabel(6,73 > 2,000), yang artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa Macromedia Flash pada materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh.