Pengaruh Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia di MAN 1 Pidie
Main Author: | Siti Zuhra, 281324919 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3487/1/SITI%20ZUHRA.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3487/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3487/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MAN 1 Pidie masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan media pembelajaran. Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran audio visual (video dan ular tangga). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media audio visual (video dan ular tangga) jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem gerak pada manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan True experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Pidie, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 yang berjumlah 30 siswa setiap kelasnya. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran audio visual (video dan ular tangga) tergolong aktif dengan nilai persentase 76,38% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong sangat aktif dengan nilai persentase 84,72% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan media konvensional memiliki nilai persentase 57,96% pertemuan pertama dan 69,23% pertemuan kedua. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,679 > ttabel 1,684, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual (video dan ular tangga) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.