Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V pada Pelajaran Matematika di MIN 2 Banda Aceh

Main Author: Mauliza, 201223354
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3456/1/Mauliza.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3456/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3456/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Masalah yang terjadi di sekolah MIN 2 Banda Aceh yaitu kesulitan dalam mengikuti pembelajaran matematika, hasil belajar siswa rendah. Hal ini karena kurangnya minat belajar siswa. Minat belajar dapat dilakukan melalui menciptakan suasana santai saat belajar, memberikan kesempatan bermain, karena permainan akan lebih baik jika dikaitkan dengan materi pelajaran matematika. Maka peneliti mengangkat judul untuk membangkitkan minat belajar siswa, salah satu diantaranya yaitu memperkenalkan kepada anak-anak berbagai macam kegiatan-kegiatan belajar, seperti bermain sambil belajar matematika sehingga anak didik menunjukkan minat belajar yang besar yaitu dengan metode Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah pertama: mengetahui aktivitas guru dengan penerapan Course Review Horay (CRH), kedua: mengetahui hasil belajar dengan penerapan metode Course Review Horay (CRH), ketiga: mengetahui minat belajar dengan penerapan metode Course Review Horay (CRH) pada materi “Pengukuran Waktu” kelas V semester Ganjil. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V MIN 2 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, soal tes hasil belajar dan angket peningkatan minat dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan hasil pertama: aktivitas guru pada siklus I sebesar 54,7% berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus II sebesar 64,2% pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus III sebesar 85,2% pada kategori sangat baik, kedua: hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 11 siswa (31,4%) tuntas belajar dan terdapat 24 siswa (68,5%) masih dibawah KKM, meningkat pada siklus II terdapat 25 siswa (71,4%) tuntas belajar dan terdapat 10 siswa (28,5%) masih dibawah KKM, dan meningkat pada siklus III sebanyak 30 siswa (85,7%) tuntas belajar dan terdapat 5 siswa (14,2%) masih dibawah KKM, ketiga: minat belajar siswa pada siklus I (22,6%) pada kategori cukup yang tertarik, siklus II (28,84%) pada kategori cukup yang tertarik, dan pada siklus III meningkat (35,52%) pada kategori banyak yang tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN 2 Banda Aceh sudah tercapai.