Strategi Pengkaderan Lembaga Dakwah Kampus(Studi Kasus di Lembaga dakwah kampusar-Risalah Uin Ar-Raniry)

Main Author: Iis Sufriyani, 361303523
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3452/1/Iis%20Sufriyani.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3452/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3452/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • LDK (Lembaga Dakwah Kampus) adalah sebuah organisasi Islam yang bergerak dibidang dakwah. Motor pengeraknya adalah para mahasiswa yang ada di kampus, dengan tujuan berupaya dalam meregenerasi para mahasiswa untuk menjadi seorang da’i, dengan harapan mencetak kader-kader yang qur’ani dan intelektual yang memiliki peran dakwah dalam kampus. Organisasi LDK ini sudah ada sejak tahun 80 an, yaitu LDK di Salman Bandung tahun 1987. Kemudian diikuti oleh banyak kampus lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah LDK Ar- Risalah di UIN Ar-Raniry yang terbentuk pada tahun 1998. Kontribusi LDK Ar- Risalah sudah banyak mencetak kadernya yang baik, dan yang bisa di andalkan oleh sebab itulah penulis menarik membahas judul mengenai “Strategi Pengkaderan Lembaga Dakwah Kampus, Studi Kasus Di Lembaga Dakwah Kampus Ar-Risalah UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif, dimana penulis mendeskriptifkan tentang peran LDK dan kiprah LDK. Penelitian ini berdasarkan pada teori gerakan sosial dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dari penelitian penulis yang sudah lakukan adalah bahwa, menghasilkan suatu kesimpulan. LDK mempuyai sebuah program pengkaderan yang dilakukan terus sesuai dengan kontek zaman dan disetiap Fakultas mempuyai LDF (Lembaga Dakwah Fakultas). Dari proses pengakaderan LDK ini sudah banyak mencetak kader dakwah, baik di kampus dan luar kampus, yang berperan dengan masyarakat dalam dakwah Islam.