Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Viii. I di Mtsn 1 Gayo Lues
Main Author: | Nurhasanah, 211323852 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3446/2/PDF%20GABUNG%20%28NURHASANAH%29.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3446/1/Form%20B%20dab%20D%20Nurhasanah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3446/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum memasuki ruang belajar. Karena dengan adanya penerapan model belajar yang tepat maka siswa akan lebih aktif serta pembelajaran yang ingin dilaksanakan lebih menyenangkan. Model yang digunakan guru akan mempengaruhi proses belajar mengajar yang nantinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Terlihat di kelas VIII. I pada pembelajaran aqidah akhlak siswa ada yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar dikarenakan model belajar yang belum bervariasi. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk menerapkan model team quiz pada saat proses belajar mengajar dilakukan, agar siswa lebih aktif pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model belajar team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII. I MTsN 1 Gayo Lues?. Model team quiz adalah model pembelajaran aktif yang mana siswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan bersama-sama mempelajari materi, saling memberi arahan, saling memberi pertanyaan dan jawaban setelah materi selesai disampaikan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. I MTsN 1 Gayo Lues yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktivitas siswa dan guru serta tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I dengan penerapan model team quiz 65,5% menjadi 98,21% pada siklus II, (2) Aktivitas guru pada siklus I dengan penerapan model team quiz 69, 64% menjadi 89,28% pada siklus II, dan (3) Hasil belajar aqidah akhlak siswa pada penerapan model team quiz di siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,50% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77.25 %. Dengan demikian penerapan model team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII. I MTsN 1 Gayo Lues dan kemampuan guru lebih meningkat menjadi lebih baik.