Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII MTsS Darussyari'ah Banda Aceh

Main Author: Azimi Z, 261020738
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3427/1/AZIMI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3427/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3427/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib disetiap jenjang pendidikan, baik di jenjang pendidikan dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Tetapi kurangnya minat para siswa terhadap bidang studi matematika dikarenakan adanya kecenderungan bahwa yang ditampilkan oleh guru kepada siswa adalah deretan rumus-rumus yang abstrak dan membosankan, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika rendah atau kurang memuaskan. Untuk itu, dalam belajar matematika perlu diadakan sebuah model pembelajaran yang cocok terhadap materi lingkaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar matematika adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle. Ciri khas model Learning Cycle adalah suatu pembelajaran melalui Enggagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang model pembelajaran Learning Cycle pada materi lingkaran Kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran Learning Cycle. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTsS Darussyariah Banda Aceh yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yang terdiri dari pretest dan postest, serta observasi berupa data yang menyangkut aktifitas guru adalah 4,17 dan aktifitas siswa menujukkan kategori efektif pada tabel 4.16, sehingga model pembelajaran Learning Cycle dapat melibatkam guru secara aktif dan siswa secara efektif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh nilai rata-rata siswa setelah belajar dengan menggunakan model Learning Cycle adalah 1,87 >1,68. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan penerapan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi lingkaran kelas VIIIB MTsS Darussyariah Banda Aceh.