Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan
Main Author: | Ulfisa Ananda, 201325085 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3412/1/ULFISA%20ANANDA.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3412/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3412/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan, kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap materi macam-macam sumber energi melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. (2) Untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan penerapan model Project BasedLearning di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi emapat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVMIN 6 Aceh Selatan yang berjumlah 21 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar observasi kreativitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 64,21 (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 77,89 (baik) dan semakin meningkat pada siklus III 91,57 (baik sekali). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 63 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77 (baik) dan semakin meningkat pada siklus III 95 (baik sekali). Sedangkan untuk kreativitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I dengan persentase 62,54% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 68,66% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus III dengan persentase 78,57% (kreativitas tinggi). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi macam-macam sumber energ di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan.