Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar
Main Author: | Rasyidah Hanum, 201325158 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3409/1/RASYIDAH%20HANUM.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3409/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3409/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada pembelajaran IPA. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah siswa kurang aktif dan Kurangnya penggunaan model atau media pembelajaran oleh guru di sekolah. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian berbentuk eksprimen dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IVMIN 13 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain one group Pre-test-Post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal tersebut. Uji coba instrument dilakukan pada kelas V MIN 13 Aceh Besar. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang telah menggunakan model discovery learning (80,80) lebih tinggi, dari pada nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan model discovery learning (79,14). Hal ini juga dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning, dengan Kompetensi Dasar menjelaskan macam-macam sumber energi. Hasil analisis data diperoleh nilai hasil thitung = 5,71 kemudian dicari ttabel dengan dk = (n1 + n2 – 2), dk = (28 + 28 – 2) = 54 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi t diperoleh nilai t(0,95) (54) = 1,67 karena thitung > ttabel yaitu 5,71 > 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 13 Aceh Besar.