Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas Viii SMP Negeri 1 Kota Jantho

Main Author: Reza Nurazmi, 251324501
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3368/1/Reza%20Nurazmi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3368/2/form%20B%20dan%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3368/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jantho diperoleh permasalahan model pembelajaran fisika yang masih menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi yang diajarkan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika adalah siswa masih berfikir bahwa begitu banyak rumus yang harus dihafal dan simbol-simbol yang tidak dimengerti sehingga siswa kurang semangat dan berkesan rumit. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi gerak lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jantho? . (2) Bagaimanakah aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Fisika pada materi gerak lurus melalui model kooperatif tipe TPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jantho? adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe TPS pada materi gerak lurusdi kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jantho dan (2) untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Fisika pada materi gerak lurus melalui model kooperatif tipe TPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jantho. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental design) dengan menggunakan satu kelas eksperimen (VIII1) dan satu kelas kontrol (VIII2). Pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes dan angket aktivitas siswa. Data hasil tes menggunakan uji t dan data angket siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS didapat thitung > ttabel yaitu 13,82 > 1,6893, (2) Aktivitas siswa terlihat aktif dan suasana kelas yang sangat antusias. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.