Pengaruh Media Pembelajaran Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas VIII MTs Swasta Muta’allimin Aceh Besar
Main Author: | Nurhidayanti, 251324469 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3324/1/NURHIDAYANTI.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3324/2/Form%20B%20dan%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3324/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran pendidik sering mengalami kesulitan untuk menyampaikan suatu materi kepada peserta didik sehingga terkesan pelajaran tersebut membosankan ditambah peserta didik kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana di kelas VIII MtsS Muta’allimin Aceh Besar. Penggunaan media pembelajaran animasi dipandang layak sebagai solusi dari permasalahan dalam proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII d dan VIII e MTsS Muta’allimin Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII e yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII d yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang dikumpulkan dengan menggunakan soal tes sebagai ukuran hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran animasi. Dari analisi data melalui statistik didapatkan niali rata-rata post-test peserta didik kelas kontrol 66,46 dan kelas eksperimen 83,13. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,37 > 1,68 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 sehingga H_aditerima sedangkan H_o ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan didukung respon positif dari peserta didik yang dominan menjawab setuju terhadap penggunaan media pembelajaran animasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.