Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh
Main Author: | Khairunnisak, 251324487 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3320/1/KHAIRUNNISAK.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3320/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3320/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar khususnya pada materi gerak lurus disebabkan oleh proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru, guru belum sepenuhnya menerapkan Kurikulum 2013, dan media yang digunakan belum bervariasi, oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan menerapakan model PBL berbantuan Multimedia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model PBL berbantuan Multimedia. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 69 peserta didik, yang menjadi sampel untuk kelas ekperimen adalah VIII-B dan kelas kontrol adalah VIII-A dengan jumlah peserta didik di kedua kelas masing-masing 25 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan (1) soal tes yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji regresi (2) lembar angket respon peserta didik dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran PBL berbantuan multimedia didapat thitung> ttabel yaitu 4,930>1,684, dengan koefisien regresi sebesar 0,47 (2) hasil persentase angket respon peserta didik telah memberikan respon positif terhadap model pembelajaran PBL berbantuan multimedia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada materi gerak lurus di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh.