Pola Rekrutmen Tenaga Pengajar Mahasantri pada UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Main Author: As'ari Ramadhan, 431307363
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3266/1/AS%27ARI%20RAMADHAN.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3266/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3266/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Pola Rekrutmen Tenaga Pengajar Mahasantri Pada UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Penelitian ini dilatarbelakangi masih terdapatnya tenaga pengajar yang belum profesioanal dalam pembinaan karakter progeam mentoring, kualitas sumber tenaga pengajar sangat menentukan didalam pengembangan ilmu, wawasan keagamaan dan karakteristik mahasantri. Untuk mendapatkan tenaga pengajar yang profesional tidak terlepas dari suatu proses pengumpulan sejumlah pelamar yang memiliki kualifikasi yang sesuai yang dibutuhkan oleh Ma’had Al-Jami’ah. Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui bagaimana pola rekrutmen tenaga pengajar di bidang program mentoring. Kedua, tingkat profesional tenaga pengajar serta. Ketiga, kendala-kendala dalam pengrekrutan. Penelitian ini mengunakan metode analisis deskriptif yaitu menggambarkan dan menguraikan semua persoalan-persoalan secara sistematis, factual, dan akurat, kemudian menganalisa, mengklasifikasi, dan berusaha mencari pemecahan. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelitian lapangan (field research), yang semua data diperlukan tersebut didapatkan dilokasi penelitian dengan metode wawancara (interview) dan dokumen-dokumen yang ada. Penelitian ini dilakukan di kantor UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jalan Syekh Abdur Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh. Dalam pelaksanaan rekrutmen yang di jalanlan oleh pihak UPT Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dalam prosesnya sudah berjalan sesuai dengan teori, seperti halnya peramalan keburuhan tenaga kerja, penarikan, seleksi, penempatan dan orientasi. Rekrutmen menggunakan metode terbuka, dengan sasaran sumber eksternal. Dalam tahapan seleksinya dilakukan tes baca Al-Qur’an, wawancara, dan tes tulis. Banyak tenaga pengajar setelah direkrut hanya secara kapasitas memenuhi tetapi kurang secara kualitas, kendala dalam pengrekrutmen terbatasnya sumber tenaga pengajar di bidang program mentoring, publikasi pengumuman yang kurang luas sehingga kurang diketahui, serta dalam segi proses tes wawancara agar lebih diperhatikan dan lebih apdate metode wawancaranya dan ketegasannya pewawancara disaat wawancara, serta soal tes yang lebih mendalam agar tergali kualitas keilmuan para peserta.