Pengaruh Model Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di MAN Aceh Barat Daya

Main Author: Hadyul Mustafid, 291325013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3210/1/Hadyul%20Mustafid.pdf.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3210/2/Form%20B%26%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3210/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran kimia di MAN Aceh Barat Daya menyatakan bahwa masih ada masalah yang diantaranya adalah masih adanya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh model Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan model Number Head Together (NHT). Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 MAN Aceh Barat Daya dengan jumlah 30 siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-gain 0,74 yakni termasuk kategori tinggi dan uji t berpasangan dan didapat kesimpulan bahwa adanya pengaruh model Number Head Together (NHT) pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa MAN Aceh Barat Daya. Aktivitas siswa pada pengamatan pertama adalah 86,79%, pada pengamatan kedua adalah 95,37% dan pengamatan ketiga 96,1% .Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa tergolong dalam kategori sangat tinggi. Hasil persentase respon siswa yaitu 84,33% mengindikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan menggunakan model Number Head Together (NHT).