Evaluasi Implementasi Melalui Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh
Main Author: | Melly Rahmatan, 261324573 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3203/2/melly%20rahmatan.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3203/3/form%20b%20dan%20form%20d.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3203/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh guru untuk dikembangkan pada peserta didiknya. Masih banyak siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong rendah atau belum optimal. Salah satu metode yang dilakukan guru dalam mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswadengan model Problem Based Learning (PBL). Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah : Bagaimana tingkat hasil kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui pembelajaran Model Problem Based Learning ? tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.3 SMA Negeri 5 Banda Aceh dengan jumlah siswa 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi dengan model CIPP yaitu Context, Input, Process dan Product. Teknik pengumpulan data menggunakan tes matematika, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil lpenelitian menunjukan 36% siswa berkatagori sangat kritis, 20% berkatagori kritis, 20% berkatagori cukup kritis, 12% berkatagori kurang kritis dan 12% berkatagori tidak kritis. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa berada dikatagori Cukup Kritis dengan persentase rata-rata 56,25%.