Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Main Author: Ruja Wati, 201325119
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3186/4/Ruja%20Wati.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3186/3/Form%20B%20dan%20Form%20D%20Ruja%20Wati.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3186/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar di sekolah terutama di kelas IV menggunakan media audio visual dengan pembelajaran konvensional. Adapun siswa sangat antusias dalam belajar, namun kurang menantang siswa dalam berfikir kritis. Meskipun demikian, pembelajaran yang menggunakan media audio visual belum pernah dikombinasikan dengan model pembelajaran. (1) Bagaimanakah efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media audio visual pada Tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan (1) lembar tes dan (2) lembar angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan (1) thitung > ttabel yaitu thitung = 2,63 dan t0,95 = 1,66, Sehingga Ha terima hipotesis yang disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team game tournamen (TGT) dengan media audio visual terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Hasil analisis data respon siswa dilihat berdasarkan persentase yang diperoleh yaitu hampir seluruh siswa sangat tertarik dengan model dan media yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team game tournamen (TGT) dengan media audio visual sangat berpengaruh pada keterampilan berfikir kritis siswa sehingga dengan menggunakan model dan media tersebut proses pembelajaran lebih efektif.