Efektivitas Penggunaan Metode Kisah dalam Pembelajaran SKI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Banda Aceh

Main Author: Herman Jaya Solin, 211323776
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3185/1/SKRIPSI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3185/2/Form%20B%20dan%20Form%20d.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3185/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu metode yang digunakan guru dalam pembelajaran dengan cara menyampaikan materi pembelajaran dengan berkisah atau menceritakan kepada siswa. Tujuan dari penggunaan metode kisah adalah dimana guru dapat dengan mudah menyampaikan isi materi kepada siswa terkait tentang sejarah peradapan Islam yang menjelaskan tentang keteladanan dari kisah kisah serta aspek kehidupan yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah Bagaimana penerapan metode kisah dalam pembelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh? Apakah penerapan metode kisah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI di MTsN 4 Banda Aceh? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 Siklus pada kelas VII-3 di MTsN 4 Banda Aceh. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang penulis lakukan dengan cara menggunakan tes, observasi, wawancara, diskusi.Sedangkan prosedur penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dengan melakukan penilaian lembar aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran SKI serta melakukan tes kepada siswa. Secara keseluruhan hasil penelitian yang dilakukan selama 3 siklus akan dirubah dengan melakukan analisis dan interpretasi dengan menggunakan analisis kualitatif sehingga menunjukkan nilai rata-rata untuk guru yaitu 3.6 dan untuk nilai presentasenya 90 % (A) Sedangkan nilai rata-rata siswa adalah 3.4 nilai presentase siswa secara keseluruhan yaitu 85 % (B) Bisa dipahami dari pengamatan yang dilakukan dari Ke 3 siklus dengan penggunaan metode kisah pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan ini sudah berjalan dengan aktif dan mudah dipahami siswa sehingga adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan metode kisah pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.