Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di Kelas X MAN 2 Aceh Barat

Main Author: Rahmanita, 251324515
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3154/2/Rahmanita.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3154/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3154/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN 2 Aceh Barat pada materi pengukuran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh bahwa pembelajaran fisika masih berpusat pada guru, kurangnya komunikasi antar siswa dan suasana belajar masih kurang efektif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di MAN 2 Aceh Barat. Metode penelitan yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pre test post test Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Aceh Barat. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sains 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Sains 2 sebagai kelas kontrol. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa thitung > ttabel atau 4,02 > 1,67, maka H0 ditolak atau Ha diterima, artinya adanya pengaruh model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di MAN 2 Aceh Barat. Berdasarkan analisis respon siswa yang yang menyatakan “ya” adalah 87,82% dan menyatakan tidak 12,17%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Adanya pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X MAN 2 Aceh Barat. Dan kebanyakan siswa senang terhadap penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).