Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Game Tournament (TGT) pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh
Main Author: | Ade Siska Roslia, 201325135 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3113/1/Skripsi%20Ade%20Siska.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3113/2/From%20B%20dan%20D%20ADE.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3113/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh, prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap tema 1 indahnya kebersamaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) tema 1 indahnya kebersamaan di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV 1 MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 38 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Dari hasil penelitian ini diperoleh presentase hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 79,76% dan siklus II 90,47%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 63,46% dan siklus II 86,71%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 71,57% nilai rata-rata pada siklus I menjadi 86,05% pada siklus II. Dengan demikian model pemebelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema 1 indahnya kebersamaan, sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV MIN 11 Banda Aceh.