Istikhdaamu Wasiilah Bithaaqah Takammulah Bithariiqatil Istinbathiyah Fii Ta'liimil Af'al

Main Author: Nanda Athani, 221324104
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3099/8/Nanda%20A%60thani.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3099/7/FORM%20B%20%26%20FORM%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3099/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Judul pada skripsi ini yaitu "Penggunaan Media Bithaqah Takammulah Dengan Metode Istinbatiyah Dalam Pembelajaran Af’al Di Madrasah Tsanawiyah Swasta “Darul Hikmah” KAJHU. Adapun sebab peneliti mengkaji judul ini karena peneliti mengamati bahwa mayoritas pengajar di sekolah tersebut belum menggunakan media dan metode yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran A’fal. Ketika siswa belajar tentang Af’al, mereka merasa bosan sehingga membuat meraka menjadi malas dan mengganggu teman lain yang sedang belajar. Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini yaitu mengetahui cara penggunaan media Bithaqah Takammulah dengan metode istinbatiyah dalam pembelajaran Af’al dan mengetahui efektivitas penggunaan media Bithaqah Takammulah dengan metode Istinbatiyah dalam pembelajaran Af’al di Madrasah Tsanawiyah “Darul Hikmah” KAJHU. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Quazi Experiment untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Fi’il Mudhari’. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pre-test, post-test dan observasi. Adapun populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah “Darul Hikmah” KAJHU yang berjumlah 127 siswa. Peneliti mengambil sampel kelas 1 B yang berjumlah 25 siswa. Pengolahan data terdiri dari hasil post-test dan observasi Berdasarkan penelitian tersebut dapat diperoleh hasil bahwa penggunaan media Bithaqah Takammulah dengan metode Istinbatiyah efektif dalam pengajaran Bahasa Arab, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai T-Hitung lebih besar dari nilai T- Tabel atau (2,80>6,866<2,06).