Kompetensi Pedagogik Guru Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa di Mtsn 8 Aceh Besar
Main Author: | Nur Afni, 211323732 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3096/1/Nur%20Afni.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3096/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3096/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini meliputi tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca qur’an siswa di MTsN 8 Aceh Besar karena di sekolah ini hampir semua siswa mampu membaca qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwidnya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi guru dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an siswa di MTsN 8 Aceh Besar (2) Bagaimana hubungan kompotensi pedagogik guru bidang studi Qur’an Hadits terhadap peningkatan kemampuan baca qur’an siswa di MTsN 8 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) serta didukung dengan studi kepustakaan. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa bisa membaca qur’an dengan baik dan benar dikarenakan kemampuan dari guru dalam mengajar serta guru di MTsN 8 Aceh Besar menerapkan beberapa metode untuk meningkatkan kemampuan baca qur’an siswa, metode yang diterapkan oleh guru yaitu metode iqro’, metode qiroati, dan metode jibril. Selain itu siswa juga mendapat pendidikan khusus di luar jam sekolah seperti belajar di TPA. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dapat membaca quran dengan baik dan benar serta menggunakan ilmu tajwid dikarenakan guru menggunakan beberapa metode, sehingga peningkatan kemampuan baca qur’an siswa lebih meningkat.