Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Sistem Otot Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) dan Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh

Main Author: Rina Muliza, 281324806
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2980/1/Rina%20Muliza.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2980/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2980/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 11 Banda Aceh dalam kategori kurang, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Kurangnya aktivitas belajar siswa dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facillitator and Explaining (SFE) dan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa serta post test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rerata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai (83%) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi (94%) dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai (75%) dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi (89%) dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I hanya 14 siswa yang tuntas dengan nilai 61%, dan tidak tuntas 9 siswa dengan nilai 39%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 21 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 91% dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai 9%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Student Facillitator and Explaining (SFE) dan Mind Mapping cenderung dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Otot Manusia.