Pengaruh Penggunaan Model CTL Bebantuan Eksperimen pada Materi Usaha dan Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada SMP Negeri 2 Lembah Seulawah

Main Author: Irmayani, 251324509
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2967/1/IRMAYANI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2967/2/Form%20B%20dan%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2967/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive (Purposive Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 2 Lembah Seulawah sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan peserta didik kelas VIII2 SMP Negeri 2 Lembah Seulawah sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen didapat thitung > ttabel yaitu 6,17 > 1,68 pada taraf signifikan 95%. Respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen dengan kriteria sangat setuju (SS) 39% dan setuju (S) 48%.