Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Penguasaan Kosakata Baku dan Tidak Baku di Kelas IV MIN 29 Aceh Besar

Main Author: Juni Artika Sari, 201325096
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2962/3/skripsi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2962/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2962/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Pada proses pembelajaran guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi pada kenyataannya dilapangan masih terdapat guru yang belum menerapkan model pembelajaran pada setiap proses pembelajaran. Mengingat hal yang demikian, guru harus mampu menggunakan model yang tepat dan efisien dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tidak membuat siswa bosan saat belajar. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran index card match. Model pembelajaran index card match atau mencocokkan kartu pasangan merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran index card match divariasikan dengan memanfaatkan media kartu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam penguasaan kosakata baku dan tidak baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 29 Aceh Besar yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes dan lembar angket/respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,41 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh nilai rata-rata 4,88 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa Siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,23 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh nilai rata-rata 4,52 dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil belajar siswa dengan menggunakan model index card match pada siklus I memperoleh nilai 67,6% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai 82,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model index card match mendapatkan respon posistif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam penguasaan kosakata baku dan tidak baku.