Keterlaksanaan Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur

Main Author: Mulyadi Gunawan, 251222811
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2946/1/MULYADI%20GUNAWAN.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2946/2/GAB.%20FORM%20B%20%26%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2946/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Kebijakan penerapan kurikulum 2013 dalam tatanan pendidikan Indonesia dewasa ini dianggap penentu keberhasilan pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dilaksanakan secara bertahap pada satuan pendidikan mulai tahun ajaran 2013/2014. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala baik berupa kesiapan guru dan ketersedian fasilitas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan kurikulum 2013 dilihat dari standar proses pada pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada pertimbangan tertentu yakni pertimbangan orang yang dianggap paling tahu terhadap data yang ingin diteliti. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi pada SMAN 1 Idi Rayeuk, SMAN 1 Darul Aman dan SMAN 1 Nurussalam. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif, deduksi, dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh ketiga guru SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur yang tersebutkan diatas belum sempurna. Guru masih kurang mamahami terkait pelaksanaan kurikulum 2013, hal ini tergambar dari hasil wawancara dan bukti dokumentasi yang peneliti peroleh dalam melakukan penelitian, dimana belum semua guru memahami cara pembutan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dan belum semua guru melakukan penilaian autentik sesuai standar kurikulum 2013. Selain itu kendalanya juga pada keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitan pada ketiga SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur yang tersebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kurikulum 2013 pada ketiga SMA Negeri Kabupaten Aceh Timur yang diteliti sudah terlaksana namun belum sepenuhnya sesuai standar kurikulum 2013.