Pengaruh Penggunaan Simulasi Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Momentum di Kelas Xi SMA 5 Banda Aceh

Main Author: Nailis Sa’adah, 251222829
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2789/1/NAILIS%20SA%E2%80%99ADAH.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2789/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa guru dan siswa, terlihat bahwa proses pembelajaran di SMAN 5 Banda Aceh sudah berlangsung baik, namun ada beberapa hal yang masih kurang seperti pada pemanfaatan media pembelajaran terutama pada konsep Momentum, sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk belajar, hal ini berpengaruh pada Nilai Ketentuan Ketuntasan Materi (KKM) yang masih dibawah standar rata-rata (75). Oleh karena itu peneliti memanfaatkan media pembelajaran Simulasi Interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan materi pembelajaran secara lebih optimal. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Simulasi Interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Momentum di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh dan (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Simulasi Interaktif di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif/statistik. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan angket. Setelah dilakukan penelitian maka hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen adalah 84,17, sedangkan kelas kontrol adalah 61,5, hal ini berarti thitung > t1/2α (6.15 > 2.00), maka Ha diterima pada taraf signifikan α = 0.05, artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Simulasi Interaktif pada konsep Momentum di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan respon siswa diketahui bahwa presentase tanggapan siswa yang menjawab sangat setuju adalah 60,11% sedangkan yang menjawab setuju 36,89%, dan yang menjawab tidak setuju hanya 3,00%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Simulasi Interaktif pada konsep Momentum dapat menarik dan memberi semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.