Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika untuk Siswa Kelas VII di SMPN 1 Darussalam
Main Author: | Eka Sartika, 261222938 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2783/1/Eka%20Sartika.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2783/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2783/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran yang terlaksana di SMPN 1 Darussalam masih berpusat pada guru. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya menerima informasi apa yang disampaikan oleh guru tanpa memahami dan mengetahui makna yang dipelajarinya. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Untuk itu, dilakukan suatu peneliti tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar, dengan rumusan masalah (1) Apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Darussalam, (2) Apakah terdapat pengaruh yang segnifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMPN 1 Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan model kooperatif tipe Think Pair Share sementara kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Data yang dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Darussalam, (2). Terdapat pengaruh segnifikan pada penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu, disarankan kepada guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Thik Pair Share sebagi suatu alternatif model pembelajaran disekolah.