Pengaruh Penggunaan Model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII di MAN 4 Aceh Besar

Main Author: Zilla Phonna, 251324433
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2782/1/Zilla%20Phonna.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2782/2/From%20B%20dan%20D%20Zilla.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2782/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA fisika khususnya materi Gelombang Bunyi di MAN 4 Aceh Besar, ditemukan bahwa pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif tentang gelombang bunyi, tetapi belum memfokuskan bagaimana melatih keterampilan proses sains (KPS) peserta didik. Pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke peserta didik (teacher oriented). Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam keterampilan proses sains. Salah satu solusi yang dapat melatih KPS adalah model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap KPS dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol XII IPA2 yang berjumlah 28 siswa/i dan kelas eksperimen XII IPA1 yang berjumlah 26 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 4,61 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model POE terhadap KPS peserta didik, hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) pada materi gelombang bunyi menunjukkan hasil positif dan dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat.