Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar
Main Author: | Siti Rahmah, 251324441 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2781/1/SITI%20RAHMAH.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2781/2/From%20B%20dan%20D%20Siti.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2781/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar, terlihat bahwa siswa pasif dalam mempelajari materi fisika, guru hampir tidak pernah mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan jarang menggunakan metode eksperimen untuk memperagakan alat yang berhubungan dengan materi. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan alat peraga pembelajaran berbasis lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pembelajaran fisika berbasis lingkungan, (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga pembelajaran fisika berbasis lingkungan, dan (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan alat peraga pembelajaran fisika berbasis lingkungan pada materi Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes tulis, aktivitas belajar guru dan siswa, serta angket respon, kemudian data tersebut dianalisis melalui SPSS 20.0 untuk uji normalitas dan manual untuk homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa thitung>ttabel yaitu 4,62 > 1,68 dengan demikian Ha diterima atau Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pembelajaran fisika berbasis lingkungan, dan respon siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan alat peraga pembelajaran fisika berbasis lingkungan dengan rata-rata persentase Ya = 98,9 % dan Tidak 1,0 %. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih semangat dan termotivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.