Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu
Main Author: | Said Nasruddin, 261222900 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2773/1/SAID%20NASRUDDIN.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2773/2/Gabung%20From%20B%20dan%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2773/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi statistika adalah dengan penerapan Pendekatan Problem Posing. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Problem Posing dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi statistika siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu (2) untuk mengetahui respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing pada materi statistika siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan model rancangan Control Group only Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu dan sampel diambil secara Total Sampling yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA-1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik-t dilakukan melalui uji normalitas data dan uji homogenitas varians, sedangkan analisis terhadap data respon siswa dilakukan melalui analisis kriteria skor rata-rata. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji t) diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2.45 1.70. Dari hasil kriteria skor rata-rata respon siswa juga menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pendekatan Problem Posing sangat positif yaitu dengan skor rata-rata 3,29. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi statistika yang diajarkan dengan Pendekatan Problem Posing lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 78 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol adalah 69,97.