Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanandi Kelas VIII SMPN 1 Suka Makmur Aceh Besar

Main Author: Raudhatul Jannah, 251222798
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2729/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan di kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Jenis Penelitian ini adalah true eksperimen dengan pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen (VIIIB) dan kelas kontrol (VIIIC). Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan angket (kusioner). Hasil tes dianalisis dengan rumus uji t sedangkan angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji hipotesis setelah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 2) Siswa menyatakan sangat setuju atau senang terhadap model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan sebesar 60%. Jadi hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) lebih baik dari hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery).