Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di Mtss Oemar Diyan Indrapuri

Main Author: Riska Amelia, 281223132
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2728/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi organisasi kehidupan di Kelas VII B MTsS Oemar Diyan Indrapuri. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsS Oemar Diyan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B. Teknik pengumpulan data aktivitas dilakukan dengan observasi langsung dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan test. Peningkatan aktivitas peserta didik dapat diketahui melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar peserta didik dengan memberikan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Analisis data untuk aktivitas digunakan rumus persentase, sedangkan untuk hasil belajar digunakan uji-t. Hasil penelitian aktivitas peserta didik menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar pada pertemuan pertama dengan perolehan persentase yaitu 67,19% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 96,88% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan pada taraf signifikan α= 0,05 dengan derajat kebebasan db = 29, sehingga diperoleh ttabel = 2,045 dan thitung = 16,36. Oleh karena ituthitung16,36> ttabel 2,045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi organisasi kehidupan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII B MTsS Oemar Diyan Indrapuri.