Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V MIN Tungkob

Main Author: Miftahul Chaira, 201223425
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2711/1/Miftahul%20Chaira.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2711/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Selama ini pembelajaran Bahasa Inggris di MIN Tungkob cenderung kurang mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga terjadi kejenuhan siswa dalam belajar. Dalam hal ini penulis ingin menerapkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe yaitu Team Game Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V MIN Tungkop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-2 MIN Tungkob yang berjumlah 34 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan mean dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I sudah mencapai nilai 3,83 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II dengan nilai 4,66 dengan kategori baik sekali. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 61,76%, dan meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dikelas V-2 MIN Tungkob Aceh Besar.