Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI MAN 3 Aceh Besar
Main Author: | Sarah Nadia, 251324513 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2677/1/SKRIPSI%20GABUNG.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2677/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2677/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi di kelas XI MAN 3 Aceh Besar dan mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi di kelas XI MAN 3 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen tipe quasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design yang dipilih secara purposive sampling, dengan sampel kelas eksperimen XI MIA 2 dan kelas kontrol XI MIA 3. Pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes dan angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 3,49 > 1,67. Selain itu, pembelajaran dengan model learning cycle 7e mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik, dengan presentase sangat setuju 67,392%, setuju 29,998%, dan kurang setuju 2,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7e dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas XI MAN 3 Aceh Besar dan mendapatkan respon positif dari peserta didik.