Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Proses Sains pada Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V Min 10 Aceh Besar

Main Author: Romi Aryani, 201325205
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2612/1/skripsi%20romi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2612/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2612/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini masih kurang memberikan perhatian terhadap keterampilan proses sains. Dari hasil observasi di kelas V-A MIN 10 Aceh Besar menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kegiatan belajar-mengajar seperti guru masih kurang tepat dalam memilih model pembelajaran dan masih terbatas dalam menggunakan media pembelajaran dengan baik seperti membuat sebuah karya atau produk. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pemecahan masalah atau masalah sebagai titik tolak atau dasar dalam proses pembelajaran sehingga melatih keterampilan proses siswa untuk mengindentifikasi dan meneliti konsep dan prinsip yang mereka perlu ketahui untuk berkembang melalui masalah tersebut, dan siswa bisa membuat sebuah karya atau produk dari masalah-masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan kelas dengan penerapan model konvensional pada tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas V MIN 10 Aceh besar. (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar pada tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Rancangan penelitian ini quasi eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 47 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V-A MIN 10 Aceh Besar pada tema benda-benda di lingkungan sekitar melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dengan Maka thitung ≥ ttabel atau 1,83 ≥ 1,68 dari pada penerapan pembelajaran konvensional.