Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam

Main Author: Miftahul Fauzi, 251121345
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2584/1/Miftahul%20Fauzi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2584/2/From%20B%20dan%20From%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2584/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian yang di lakukan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep Tekanan di SMP Negeri 1 Darussalam dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Sampling Purposive sehingga diperoleh kelas VIII3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 5 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket respon. Analisis data dengan menggunakan rumus ststistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dimana thitung =9,40 dan ttabel = 1,68, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Dari Hasil presentase analisis aspek KPS siswa pada kelas eksperimen paling menonjol dibandingkan kelas kontrol. Respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep tekanan zat cair sangat baik. Hal ini terlihat dari presentase jawaban siswa yang menjawab ya 86% dan yamg tidak 14%.