Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MUQ Pagar Air
Main Author: | Ofi Hilda, 291324967 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/257/1/SKRIPSI_OFI%20HILDA_PKM.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/257/ https://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dengan guru kimia kelas X MUQ Pagar Air pada tanggal 23 Februari – 28 Februari 2017 diperoleh informasi bahwa selama proses belajar mengajar berlangsung di sekolah belum menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI dan gaya belajar pada materi tata nama senyawa. Hal ini mendedikasikan bahwa siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa di MUQ Pagar Air. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan desain pre-eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Putri MUQ Pagar Air berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui angket gaya belajar dan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase gaya belajar visual adalah 66,67% (baik), dan gaya belajar audio persentasenya sebesar 33,33% (kurang). Data hasil tes yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh t_hitung= 2,06 dan t_tabel = 1,72 sehingga t_hitung > t_tabel yaitu 2,06 > 1,72. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan yang telah ditentukan, dengan H_0 ditolak dan H_1 diterima maka dengan demikian hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar audio pada materi tata nama senyawa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization di MUQ Pagar Air.