Pemahaman Mahasiswa KPI terhadap Desain Grafis Iklan Cetak Pt.Telkomsel Banda Aceh
Main Author: | Uswatun Hasanah, 411307106 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2481/1/SKRIPSI.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2481/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pemahaman Mahasiwa KPI terhadap Desain Grafis Iklan Cetak Telkomsel.” Periklanan merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang menjual pesan-pesan persuasif untuk mempengaruhi khalayak. Para pengiklan dalam mempengaruhi khlayak harus menciptakan iklan yang sekreatif mungkin dengan menggunakan elemen-elemen desain grafis, seperti layout, ilustrasi, warna, bentuk, tekstur serta pesan yang disampaikan. Iklan yang dipromosikan oleh PT. Telkomsel telah berhasil mempengaruhi khalayak ramai diantaranya mahaiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2014. Namun, dari sebagian mahasiswa KPI masih terdapat diantara mereka yang kurang memahami desain grafis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) terhadap desain grafis iklan cetak PT. Telkomsel Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif, pendekatan deskriptif, dengan teknik pengambilan sampling purposif (purposive sampling), data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian disajikan dalam bentuk rangkuman temuan penelitian secara sistematis sekaligus menarik kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa iklan telkomsel telah menciptakan iklan yang kreatif dengan menggunakan elemenelemen desain grafis sehingga berhasil mempengaruhi khalayak ramai. Pemahaman mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) terhadap pesan grafis iklan cetak telkomsel memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Jika dilihat dari sisi pesan iklan cetak secara umum yang terpasang mampu dipahami dan membuat mahasiswa tertarik hingga mencapai 92%, sedangkan pemahaman pesan grafis secara teoritis hanya 42% mahasiswa yang memahami.