Penerapan Model TGT (Teams Geams Tournament) Menggunakan Media Kotak dan Kartu Misterius Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah

Main Author: Elsa Rosliza, 281324853
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2473/1/PDF%20GABUNGAN%20SKRIPSI%20Elsa%20Rosliza.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2473/
https://Repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di MTsS Darul Hikmah belum maksimal dalam penerapan model pembelajaran ketika mengajar di kelas. Model yang sering digunakan adalah Snowball Trowing. Guru disini juga dijadikan sebagai satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan belajar mengajar hanya terjadi satu arah saja, dan yang berperan aktif adalah guru sedangkan siswa hanya mendengar penjelasan guru, kemudian mencatat, dan siswa tidak ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak kondusif. Sehingga aktivitas belajar siswa tidak maksimal begitupun dengan hasil belajar siswa yang hampir 80% siswa belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Permasalan tersebut perlu dicari solusi yaitu dengan mengembangkan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah dengan penerapan model TGT menggunakan media Kokami pada materi Sistem Pencernaan Makanan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pree test dan post test group. Pengumpulan data aktivitas menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes, serta analisis data aktivitas siswa menggunakan persentase aktivitas belajar, sedangkan hasil belajar dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif yaitu pada pertemuan pertama 83.2% dan pertemuan kedua 90.7%. Hasil analisis uji t diperoleh thitung 15.142 sedangkan ttabel 1.708 sehingga thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT menggunakan media Kokami menunjukkan aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah pada materi sistem pencernaan makanan. Kata Kunci: Model TGT, Media Kokami, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Sistem pencernaan makanan.