Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray pada Materi Usaha dan Energi Kelas VIII MTsN Darul Ihsan Aceh Besar

Main Author: Causar, 250818173
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2424/1/CAUSAR.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2424/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa terhadap pelajaran fisika pada materi usaha dan energi masih tergolong rendah, pada umumnya nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM yaitu masih di bawah 70. Hal ini terjadi karena dalam pelaksanaan proses belajar mengajar siswa masih sering berorientasi guru dikarenakan guru mengajar di depan tanpa melibatkan keaktifan dari siswa, penyampaian materi dengan metode ceramah tanpa ada media yang menarik sehingga siswa merasa bosan. Siswa sebagai objek pasif yang hanya menerima materi dari guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS pada materi Usaha dan Energi di MTsN Darul Ihsan; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS pada materi Usaha dan Energi di MTsN Darul Ihsan; 3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes dan angket, kemudian data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS terdapat peningkatkan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Peningkatan paling dominan adalah pada kegiatan inti dan kegiatan akhir untuk setiap siklus. Kegiatan guru meningkat mencapai 3.75% pada kegiatan awal; 3.92 pada kegiatan inti; dan 4.00 pada kegiatan akhir. Sedangkan aktivitas siswa meningkat mencapai 3.75 pada kegiatan awal; 4.00 pada kegiatan inti; dan 4.00 pada kegiatan akhir. Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 95%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TS-TS pada materi usaha dan energi mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari siswa, dimana siswa yang memilih sangat setuju dengan model kooperatif tipe TS-TS mencapai 60% untuk pernyataan positif dan 75% untuk pernyataan negatif.