Penerapan Scientifik Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar
Main Author: | Reza Safitri, 201223431 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2335/1/REZA%20SAFITRI.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2335/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA merupakan proses membelajarkan siswa dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di alam melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tersebut digunakan untuk mengembangkan potensi sikap, berpikir, berperilaku dan supaya dapat mengembangkan keterampilan dasar yang terdapat pada diri siswa. Peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh suatu Model atau Pendekatan pembelajaran yang diterapkan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang aktif perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan Scientifik Approach. Dalam hal, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Scientifik Approach pada materi hewan langka dan hewan tidak langka kelas IV semester Genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% berada pada katagori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85% (katagori sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% berada pada katagori (baik), dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 82% (katagori sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,86% berada pada kategori cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan adalah 86% pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Scientifik Approach pada materi hewan langka dan hewan tidak langka dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan Scientifik .